Thursday, August 10, 2017

Anda Percaya Mitos Tentang Air Ajaib Ini?

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum, Sahabat.

Pada postingan kemarin saya mengulas beberapa keajaiban dari air kelapa. Bisa baca disini ya. Nah, kali ini masih membahas perihal air ajaib dari buah kelapa, saya ingin berbagi tentang hal-hal apa saja yang perlu diluruskan dari anggapan orang terhadap air ajaib ini. Tentu saja tujuan dari tulisan ini karena ingin sharing bersama, sebab saya bukan ahli dibidang gizi dan nutrisi, hanya seseorang yang sangat tertarik dan terkesan dengan makhluk/ciptaan Allah dalam hal ini berupa tetumbuhan, lebih spesifik lagi tentang buah-buahan.





Sahabat pernah dengar ada yang bilang kalau wanita hamil dianjurkan minum air kelapa? Katanya sih, supaya bayinya bersih dan kulitnya putih. Hmm... bener gak ya? Kalau sahabat blogger sama penasarannya dengan saya yuk baca ulasannya berikut ini.


Anggapan/ mitos mengenai keajaiban air kelapa:

1. Ibu Hamil Minum Air Kelapa Akan Memutihkan Kulit Bayi

Menurut para ahli, warna kulit bayi tidak ditentukan dari apa yang dimakan oleh sang ibu saat hamil, melainkan merupakan hasil percampuran genetis antara ibu dan ayah.

Memang hingga kini belum ada hasil penelitian atau jurnal medis yang membuktikan mitos itu. Namun tetap saja mengonsumsi air kelapa bagus untuk ibu hamil disebabkan memiliki berbagai jenis nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin  C, mineral, elektrolit yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu juga mengandung gula alami yang terdiri dari sukrosa, glukosa, fruktosa dan sorbitol. Gula dalam air kelapa ini tidak menimbulkan kegemukan selama kehamilan dan menurunkan risiko terjadinya diabetes gestasional.

Air kelapa juga mengandung antioksidan, yakni zat yang dapat menurunkan kemungkinan terjadinya preeklampsia. Antioksidan pada air kelapa dipadu dengan elektrolit dapat membersihkan air ketuban, sehingga membuatnya terlihat lebih jernih. Memang kulit bayi menjadi bersih dari lemak-lemak yang menempel, namun hal ini tidak lantas dapat membuat kulit bayi menjadi lebih putih.

Bagi ibu hamil yang mengalami 'morning sickness' dapat meminum air kelapa untuk meredakan rasa mual dan mencegah muntah-muntah.

2. Air Kelapa Muda Lebih Baik Dibandingkan Air Kelapa Tua

Sebenarnya kandungan nutrisi pada daging dan air kelapa tua jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang muda. Hanya saja kadar gula pada kelapa muda lebih tinggi, itulah sebabnya kelapa muda terasa lebih manis. Jadi tinggal dikondisikan sesuai kebutuhan saja ya, Sahabat.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa pihak meyakini bila air kelapa mampu menurunkan berat badan. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah ketika seseorang minum air kelapa secara berlebihan maka akan menyebabkan diare. Lalu kemudian berat badan berkurang. Oleh karenanya hal ini bukanlah cara yang tepat dan sehat untuk bisa mendapatkan berat tubuh ideal.

4. Nutrisinya Mengalahkan Susu Full Cream

Anggapan ini tentu saja tidak benar. Dibandingkan dengan air kelapa, susu (baik yang full cream maupun tidak) kaya akan protein, lemak, karbohidrat, dan gula. Jika air kelapa mengandung beberapa mineral dan beberapa vitamin saja, sebaliknya susu mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin D,   dan mineral seperti kalsium, potasium, sodium, serta magnesium.

6. Membantu Menyembuhkan Batu Ginjal

Agar tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup bisa dengan minum air, baik air kelapa maupun air mineral, sehingga dapat mencegah masalah ginjal termasuk terjadinya pembentukan batu ginjal. Jadi hanya untuk mencegah, bukan untuk menyembuhkan batu ginjal.

7. Memulihkan Pusing Efek Miras

Menetralkan rasa pusing dan mabuk yang disebabkan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan adalah dengan cara minum air. Dalam hal ini sebaiknya minum air yang mengandung gula. Tujuannya agar gula bisa cepat masuk ke dalam pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh pada alkohol. Dengan begitu, efek negatif dari mabuk dapat dinetralkan. Jadi meski bukan air kelapa juga bisa ya, Sahabat.

Nah, itulah beberapa anggapan yang kita ketahui berkembang di masyarakat mengenai air ajaib ini. Bisa jadi masih ada anggapan lagi diluar apa yang sudah saya tulis ini. Semoga bermanfaat, selanjutnya jika ada yang salah dari tulisan ini, mohon disampaikan ya, Sahabat Blogger yang budiman.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day10

Source: dari berbagai sumber

1 comment:

  1. Eh aku baru tahu lho..
    Aku kira selama ini yg no 2 itu benar.. :D

    ReplyDelete