Thursday, August 3, 2017

MANFAAT BUAH DAN SAYUR SESUAI WARNA

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamualaikum, Sahabat...

Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga sehat selalu dalam lindungan Yang Maha Melindungi. Kalau agak lemas dan kurang semangat coba deh makan buah, insyaAllah kembali semangat dan tentunya sehat.

Dari berbagai macam nikmat yang Allah SWT karuniakan berupa buah dan sayuran, mana yang menjadi favoritmu? Kalau saya hampir segala buah dan sayur saya suka, asal nggak mentah aja.

Apa yang menarik saat kita melihat jejeran buah di pasar? Tentu saja warnanya yang beraneka macam. Lihat saja gambar ini, begitu menggugah selera.



Allah SWT menciptakan buah yang beraneka ragam warnanya bukan hanya sebagai hiasan agar menarik perhatian, tetapi juga terdapat manfaat di balik warna tersebut.  Buah dan sayuran yang kita makan dan berwarna-warni itu mengandung pigmen yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam buah dan sayur terdapat phytochemical/phytonutrient, yaitu zat yang berfungsi sebagai pembentuk warna dan sekaligus bisa dijadikan sebagai petunjuk untuk mengetahui manfaat tumbuh-tumbuhan. Termasuk juga berbagai khasiatnya dalam mengatasi dan mengurangi risiko penyakit

Dr. Samuel Oentoro, seorang ahli gizi mengemukakan bahwa terdapat zat warna pada buah-buahan dan sayur-mayur yang merupakan bioaktif alami dan memiliki manfaat untuk menangkal serangan panyakit dan memiliki kandungan nutrisi.
Pigmen pembentuk warna dalam buah dan sayur ini ada bermacam-macam, Yuk kita perhatikan apa saja warna dan manfaatnya.

Warna Putih
Warna putih biasanya ditemukan pada buah dan sayur seperti pir, kembang kol, dan bawang putih atau jenis buah lain yang menunjukkan bahwa buah tersebut mengandung zat allicin. Fungsi dari zat allicin sendiri adalah sebagai pereda pilek atau flu, menurunkan kolesterol serta menghambat sel kanker.

Warna Hijau
Pemberi warna hijau pada buah dan sayur disebut klorofil. Warna hijau ditemukan pada sayuran, seperti brokoli, sawi, bayam dan lain-lain. Warna hijau  menunjukkan sayur itu memiliki kandungan lutein zeaxanthin yang bermanfaat mencegah sel-sel kanker.

Warna Merah
Likopen/lycopene merupakan pigmen yang membuat buah dan sayur berwarna merah, seperti pada tomat dan cabai. Senyawa ini disebutkan memiliki sifat antioksidan dan antikanker, khususnya kanker pankreas dan kanker prostat. Selain tomat warna merah terdapat pada buah strawberry, pepaya, jambu biji, anggur, semangka, paprika dan jenis buah lain dengan warna kuning tua sampai warna merah.

Warna Jingga
Karotenoid, yaitu pigmen yang menyebabkan bahan pangan berwarna jingga. Seperti pada wortel yang terdiri senyawa alfakaroten dan betakaroten. Senyawa ini ketika masuk ke dalam tubuh diubah menjadi vitamin A yang banyak manfaatnya bagi tubuh seperti untuk kesehatan mata, kulit dan kuku, pembuluh darah, sampai meningkatkan daya tahan tubuh.

Warna Kuning
Pemberi warna kuning pada kunyit disebut kurkumin, yang diketahui memiliki sifat antiradang. Kehadirannya membuat kuman tak mau mendekat sehingga infeksi bisa dicegah dan diatasi dengan cepat. Kurkumin juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kerusakan sel otak dan memori sehingga tetap baik, selain itu dapat menjaga paru dari kerusakan oksidatif dan melindungi saluran cerna agar tetap bekerja sempurna.
Warna kuning berpadu dengan jingga biasanya ditemukan pada jenis buah-buahan seperti pisang, kentang, labu, wortel dan mangga atau jenis buah lain. Mereka yang terbiasa mengonsumsi buah berwarna kuning dan jingga dapat terhindar dari terjadinya kerusakan pada sel tubuh sehingga bisa tetap bekerja maksimal, disamping itu juga dapat menunda terjadinya penuaan dini.

Warna Biru dan Ungu
Antosianin memberi warna ungu kemerahan pada buah seperti anggur, dan bit, dan juga pada sayur terong. Sedangkan warna biru terdapat pada buah blueberry. Antosianin terbukti mengandung anthocyanins flavanoids yang bersifat antikanker, mampu mengatur kadar gula darah, dan mencegah penyakit jantung koroner. Antosianin juga memiliki manfaat seperti aspirin, yang mampu mencegah peradangan, menaikkan daya tahan pembuluh kapiler, menurunkan tekanan darah, dan mampu membantu penyerapan vitamin C.

Masih banyak jenis buah dan sayuran lain yang bermanfaat namun tidak saya sebutkan di sini, tapi setidaknya contoh di atas cukup memberikan gambaran manfaat buah atau sayuran sesuai warna.

Bagaimana, Sahabat?
Sudah tau manfaat buah kesukaanmu, kan?
Nah, lengkapi asupan makanan setiap hari dengan buah dan sayuran yang berwarna-warni seperti pelangi agar tubuh tetap sehat.

Sampai jumpa di postingan berikutnya, saran dan masukan diharapkan. Terimakasih atas kunjungannya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

#ODOP3
#bloggermuslimahindonesia


14 comments:

  1. Wahh artikel yang sangat bermanfaat Mbaa.

    Saya baru tahu ternyata setiap warna pada buah dan sayur memiliki manfaat yang berbeda

    ReplyDelete
  2. Seger ya warna buah dan sayurnya, manfaatnya juga mantep. :)
    Thanks for sharing. :)

    ReplyDelete
  3. Wahhhh aku baru tahu kalau bisa mengelompokan buah dan sayuran dari warnanya. Berarti aku harus rajin-rajin makan buah dan sayur berwarna putih karena rentan flu.
    Keren ih tulisannya. Terima kasih ya, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Wah Masya Allah..
    Aku suka semua buah dan sayur kak..^^

    ReplyDelete
  5. Sepertinya saya perlu menyatat ini. Setidaknya saya tahu, saat mau membeli buah atau sayur warna tertentu, mengandung apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba.. supaya lebih tepat jika ingin mengonsumsi sesuai kebutuhan😊

      Delete
  6. Kebetulan lagi flu berat. Perlu yang warna putih kayaknya ya? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mengandung banyak air. Moga cepet sembuh mba😊

      Delete
  7. Jadi kalo pengen kurusan, makannya yang warna apa, ya? Hehehe salam kenal, Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ya... semua buah kali mba, sebagai pengganti snack. Salam kenal juga

      Delete