Tuesday, August 1, 2017

ONE DAY ONE POST; SARANA MENDISIPLINKAN DIRI DALAM MENULIS

بسم الله الرحمن الرحيم




Assalamu'alaikum, Sahabat...

Alhamdulillah, atas limpahan nikmat Allah yang tercurah untuk hari kemarin, hari ini dan esok. Semoga kita menjadi hamba-Nya yang senantiasa bersabar dan bersyukur.

Sahabat Anas bin Malik ra meriwayatkan dari Rasulullah SAW,

طلب العلم فريضة على كل مسلمين

Artinya: "Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap orang Islam." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah: 224)

Menuntut ilmu merupakan amalan/kegiatan yang positif, apalagi jika ia bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain. Oleh karena itu maka mestilah kita bersungguh-sungguh mempelajarinya lalu kemudian mengamalkannya.


Bagaimana cara agar ilmu dan pengetahuan yang kita peroleh tidak hilang begitu saja? Selain dengan mengamalkan dan mengajarkan tentu saja dengan menuliskannya kembali. Tetapi menulis yang dimaksud bukan asal salin menyalin, melainkan dengan teknik-teknik menulis yang baik. Syukur jika tulisan diterbitkan dan dibaca banyak orang, mencerahkan sekaligus dapat pahala amal jariyah.

Menulis merupakan suatu keterampilan yang harus terus diasah dan dilatih. Penulis-penulis besar yang dulunya bukan siapa-siapa itu juga selalu berlatih tanpa menyerah. Sebut saja Enyd Blyton yang dikatakan memiliki waktu menulis hingga 10 jam perhari.  Termasuk penulis-penulis terkenal Indonesia juga merutinkan diri menulis setiap hari. Setelah latihan terus menerus akan tiba saat seseorang menjadi mahir dan andal.

Ketika Rasulullah ditanya tentang amalan apa yang dicintai oleh Allah, beliau menjawab;

أَدْوَمُهُ وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang rutin (berkesinambungan), walaupun sedikit.” (HR. Muslim: 782)

Bisa karena terbiasa, ungkapan yang populer ini akan menjadi biasa-biasa saja kalau tidak pernah dicoba. Dalam hal menulis kita mesti menumbuhkan kebiasaan dengan cara menulis secara rutin.
Agar terbiasa menulis perlu sarana untuk mendisiplinkan diri. Salah satu cara yang saya lakulan adalah dengan bergabung dalam komunitas menulis yang berguna untuk menjaga semangat dan konsistesi dalam menulis. Salah satu komunitas menulis di blog yang saya ikuti adalah Blogger Muslimah Indonesia yang memiliki program ODOP (One Day One Post). Contohnya, seperti pada bulan Agustus 2017 ini peserta harus memposting tulisannya di blog masing-masing setiap hari. Karena saya belum terbiasa menulis alias masih awam maka saya perlu membentuk kebiasaan ini yang sebaiknya dilakukan on daily basic.

Saya bersyukur bertemu dengan komunitas Muslimah Blogger Indonesia yang isinya akhwat semua, sehingga saya yang pemula dan amatir ini bisa menggali ilmu menulis sekaligus ngeblog dari banyak anggota yang mahir. Karena itu juga saya jadi termotivasi untuk mengikuti program ODOP ini.

Salam ukhuwah untuk semua anggota komunitas Blogger Muslimah Indonesia dari lereng Merapi, Sleman, DIY. Semoga Allah meridhoi jalan kita menuntut ilmu dan istiqomah di dalamnya.

Wassalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

#ODOP
#bloggermuslimahindonesia

4 comments:

  1. Hmm ... iya, ya. Kadang saya juga masih belum konsisten. masih maruk, maunya borong melakukan banyak hal, tapi kurang konsisten. Terima kasih sudah diingatkan. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba, saya pun begitu.
      Saling mengingatkan ya mba.. makasih juga sudah mampir di rumah maya saya yang sederhana ini 😊. Salam kenal juga🌹

      Delete
  2. Salam istiqamah! Semoga kita bisa konsisten menebar kebaikan ^^

    ReplyDelete